F.A.Q -Syarat untuk menjadi ENTERPREUNER !!

artikel ini saya tulis dengan alasan karena saya menyadari betapa sulitnya menjadi wirausaha.  Bagaimana dulu belajar dan melalui berbagai macam pengalaman yang mungkin menyedihkan bagi saya sekarang karena gagal memulai usaha pada waktu itu.  Mengenyam pendidikan di salah satu perguruan tinggi negeri yang pernah saya lalui sampai luluspun ternya juga tidak menjadi jaminan atas  keberhasilan seseorang dalam menjadi enterpreuner.

Tulisan ini saya buat dengan maksud memberikan gambaran dan penjelasan yang mungkin barangkali bisa di jadikan renungan dan bahan evaluasi ketika Anda ingin belajar menjadi enterpreuner atau wirausaha.  Artikel ini juga tidak bermaksud menggurui atau bahkan menjadi sok pintar dalam mengelola sebuah usaha, tetapi saya hanya mendokumentasikan dan membagi pengalaman saya selama memulai dan mengelola usaha dengan harapan jika ada yang membutuhkan artikel ini sewaktu-waktu bisa mereferensikan artikel ini.
Sampai sekarang, sayapun juga masih belajar, mencoba menyelesaikan masalah-masalah yang saya temui dalam memulai sebuah usaha dan memperbaiki usaha saya sekarang.

FAQ

?:  Apakah wirausaha atau enterpreuner itu?

!:  Bagi saya, wirausaha atau yang biasa di istilahkan enterpreuner adalah seseorang yang mengolah sumber daya alam dan sumber-sumber daya lainnya untuk bisa menjadikannya barang/jasa tersebut lebih bermanfaat, terutama bagi masyarakat.  Dalam hal ini, seorang enterpreuner bisa membaca peluang, menganalisa sumber daya yang ada di sekitarnya untuk bisa menciptakan suatu barang yang bisa bermanfaat dan/atau bisa menambah kegunaan dari barang/jasa tersebut.

? : Kalau begitu arahkan saya?
! : Baiklah , kamu harus belajar !!

?:  Apa yang harus di pelajari untuk bisa menjadi enterpreuner?

!:  yang harus Anda pelajari adalah marketing, terutama positioning, differensiasi, brand dan marketing mix.  Disamping itu anda juga harus mempelajari komunikasi bisnis, advetorial (periklanan), serta semua bidang manajemen untuk mensupport semua kebutuhan pengetahuan Anda memecahkan masalah-masalah nantinya.

?:  Apakah saya harus membaca?

!:  Tepatnya banyak membaca! Dari sanalah Anda mendapatkan banyak hal.  Begitu pun juga saya.  Tanpa membaca Anda tidak akan mengetahui dunia luar.  Apa yang di butuhkan orang, apa yang masih bisa di tambah nilai manfaatnya dari hal-hal yang Anda temui.  Dan itu nanti arahnya ke bagaimana menemukan peluag usaha.

? : wow, apa gak terlalu banyak tuh ?
! : Tidak, Semua itu tidak harus kamu kuasai dalam waktu cepat, basicnya yang penting
Ingat semua itu perlu proses!

?:  Apakah saya harus menguasai Internet?

!:  mmm… ya, karena itu salah satu media promosi Anda.  Jika Anda mentargetkan pengguna internet Adalah segmentasi yang Anda bidik.  Anda bisa mempromosikan usaha Anda melalui iklan baris gratis online yang bertebaran di Internet, Anda bisa membuat website  online dengan belajar sendiri di Internet seperti yang saya alami.  Walau bukan website yang canggih, tapi tujuan utamanya kita harus tetap ingat jika website Anda untuk media promosi, menjadi di nomor urut pertama di mesin pencari seperti Google, sudah amat bagus, tak peduli bagaimana canggihnya situs tersebut.  Percuma situs canggih jika tidak ada yang mengunjungi.

Otomatis itu akan menghemat banyak uang untuk membuat website.

?: Saya tak mempunyai modal yang banyak..

!:  Jangan berharap dengan modal yang sedikit akan sukses ! Cari bidang lain sesuai modal yang Anda miliki.  Kalau Anda tidak punya modal untuk membuat perusahaan Tambang, jangan mempunyai keinginan untuk membuat usaha tambang.  Kalau modal yang anda miliki hanya cukup untuk jualan pulsa, ya, menjual pulsa akan jauh lebih realistis bagi Anda.

?:  Apakah saya harus turun tangan untuk pekerjaan-pekerjaan kasar untuk membuat usaha?

!:  Tidak perlu! Kalau Anda adalah orang sekelas putranya Pak Bakrie,  dengan kata lain, modal anda memang jauh lebih dari cukup untuk menggaji orang untuk pekerjaan -pekerjaan tersebut.

Sebenarnya banyak pekerjaan yang bisa kita lakukan untuk menghemat modal kita tanpa semua orang lain yang melakukannya.  Menggaji orang juga harus di perhitungkan dengan cermat.  Sedikit uang yang kita keluarkan, akan begitu berharga karena memang itu yang kita punya.  Jadi, kalau kita bisa melakukannya sendiri, tidak usah menyurung tukang dan sebagainya.  Itu bisa jauh menghemat modal dan bisa menggunakan modal untuk hal yang lain yang lebih urgent.

Saya pikir, orang sudah memasukkan biaya tukang ke dalam analisa perencanaan sebuah usaha, tak ayal, biaya-biaya itu lah yang akan membuat anggaran membengkak, ujung-ujungnya, alasannya   ‘kekurangan modal’ dan urung memulai sebuah usaha.  Hal ini yang kerap di alami lulusan perguruan tinggi yang baru saja lulus seperti yang saya alami dulu.  Mereka terlalu gengsi untuk melakukan ‘pekerjaan-pekerjaan kasar’.

?:  Setelah lulus sekolah/kuliah, saya belum mempunyai pekerjaan untuk mengumpulkan modal?

!:  Kalau Anda ingin pekerjaan yang ‘ layak’ setelah mendapatkan ijazah,silahkan pergi dari sini !

Pekerjaan tidak harus layak seperti administrasi, supervisor dan lain-lain.   Kalau Anda masih miskin dan masih meminta-minta orang tua, hal itu lebih memalukan dari pada melakukan pekerjaan-pekerjaan yang ‘kasar’ seperti buruh dan yang lainnya!

Setelah lulus kuliah, menjadi kuli bangunan pernah saya alami.  Saya pikir, wirausaha adalah ‘mindset’ atau pola pikir.  Kalau Anda masih mempunyai pikiran dengan menjadi wirausaha membuat anda bisa langsung bersantai-santai menerima laba bersih dari usaha yang baru saja Anda rintis, berarti Anda TIDAK pernah layak untuk bisa menjadi seorang wirausaha. Kecuali Anda memiliki ‘sangat banyak’ uang.

Bukankah banyak CEO-CEO yang bermula dari kuli bangunan, penjual kaki lima, pedagan asongan? Saya tekankan CEO, dan bukan Manajer atau yang lain, karena CEO yang saya maksud adalah pemilik usaha atau penanam modal di perusahaan, sedangkan Manajer yang saya maksud sini jika ‘Manajer’ nya tetap di gaji seperti ‘buruh’ lainnya tiap bulan.

?:  Lalu apa yang Saya lakukan jika belum mempunyai pekerjaan untuk mengumpulkan modal?

!:  Silahkan pergi mencari kerja, jagan memandang tinggi rendahnya pekerjaan tersebut.  Tapi sekali lagi ini masalah mindset, jika anda mampu bekerja keras, berarti anda sudah layak menjadi pengusaha.

?:  Tapi kan saya bisa bekerja cerdas tanpa perlu bekerja keras?

!:  Tepat! Berarti Anda salah artikel.  Silahkan tutup jendela ini.  Dengan kata lain, banyak orang yang membicarakan hal ‘bagaimana bekerja secara cerdas’ tapi orang itu sendiri masih belum bisa terbilang ‘cukup cerdas’ menghidupi kebutuhan hidupnya. Jadi, kalau mau ‘kerja cerdas’ silahkan bergabung dengan orang-orang tersebut di atas.

Disini hanya ada orang-orang kerja keras, lalu bisa pensiun lebih awal karena mempunyai usaha sendiri.

Disini saya hanya menjelaskan “MENJADI WIRAUSAHA DENGAN PIKIRAN WARAS!  Bagaimana menyiasati memulai usaha dengan modal yang terbatas.

? : Apakah saya perlu komunitas ?
!: YUPE , komunitas sangat kamu perlukan, apalagi jika kamu memilih untuk berkecimpung
di dunia wirausaha, banyak milis yang bisa kamu ikuti, sebaiknya ikuti milis yang
spesifik sesuai dengan yang kamu gunakan. (misal : contoh di bawah )

Untuk referensi lain silahkan bergabung dengan forum wirausaha dan UMKM  Indonesia(sp)

Tinggalkan Balasan

