Ilmu Perpustakaan

Artikel yang berada di wikipedia menyatakan bahwa pada mulanya ilmu perpustakaan lebih membahas mengenai ilmu pengarsipan. Hal ini berkaitan dengan cara penataan sumber informasi dengan sistem klasifikasi perpustakaan dan teknologi untuk mendukung maksud ini. Topik ini juga berkaitan dengan bagaimana pengguna jasa informasi ini mengakses, menelusuri, dan memanfaatkan informasi. Dan satu aspek lagi yang tidak kalah penting adalah etika dalam penataan dan pelayanan informasi, serta status legal dari suatu perpustakaan sebagai sumber informasi.

Secara akademis, mata kuliah dalam ilmu perpustakaan biasanya meliputi: manajemen koleksi, sistem informasi dan teknologi, kataloging, klasifikasi, cara pengawetan, referensi, statistika dan manajemen. Ilmu perpustakaan juga berkembang sejalan dengan perkembangan teknologi komputer, oleh karena itu topik tentang sistem informasi manajemen, manajemen basis data, arsitektur informasi, dan manajemen pengetahuan juga menjadi bagian mata kuliah penting dalam pembahasan ilmu perpustakaan menuju suatu perpustakaan digital *.

Saat ini saya juga menempuh pendidikan di Ilmu Perpustakaan di Universitas Wijaya Kusuma.  Bedanya,  program studi Ilmu  Perpustakaan  tersebut ikut di Fakultas FISIP atau Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.  Perbedaan yang jelas di mata kuliah Ilmu Perpustakaan di Universitas yang satu dengan yang lainnya adalah bisa di lihat dimana Fakultas Program studi tersebut berada.  Karena kami berada di lingkup FISIP, maka, tak heran, ada mata kuliah dasar FISIP seperti Ilmu Politik, Ilmu Kesejahteraan Sosial dan lain-lain.

Seperti halnya Ilmu perpustakaan yang ada di Universitas Indonesia.  Ilmu perpustakaan yang ada di sana ikut dalam Fakultas Sastra yang akan pasti berbeda kurikulumnya dengan di Universitas Wijaya Kusuma Surabaya.  Begitupun juga yang lain.  Di IAIN Sunan Kalijaga Jogjakarta juga bisa di jadikan contoh.  Karena di sana menggunakan kurikulum berbasi Agama dan juga kebetulan Program Studi Ilmu Perpustakaan yang ada di sana juga sebagian mempelajari Ilmu Agama sebagai dasarnya.

Di Universitas Padjadjaran juga mengalami hal yang sama terhadap Program Studi Ilmu Perpustakaan ini.  Karena di sana Ilmu Perpustakaan di bawah naungan Fakultas Ilmu Komunikasi, di jurusan yang berbasis teknologi informasi ini juga harus mempelajari Ilmu Komunikasi bagi para mahasiswanya.

Sampai saat ini saya tetap tidak mengerti bagaimana pengaruh di perbedaan Mata Kuliah tersebut terhadap hasil kualitas lulusan dari Ilmu Perpustakaan.  Yang jelas, bagi saya, alumni Jurusan Ilmu Perpustakaan harus selalu aktif dan dinamis untuk mempelajari hal-hal yang mungkin ‘diluar’ bidangnya.  Karena di perpustakaan di era sekarang ini, hal-hal di luar bidang Ilmu Perpustakaan seperti Wi-Fi, Digital Library yang berbasis database web dengan menggunakan MySql, pHp dan lain-lain, akan sangat di butuhkan untuk bisa menjadi pustakawan yang bisa mengikuti perkembangan jaman.

Di perpustakaan yang sudah besar seperti Perpustakaan Perguruan Tinggi, mungkin akan ada  tenaga ahli yang akan menangani langsung hal tersebut.  Tapi untuk perpustakaan yang lebih kecil dan dana yang terbatas, membantu perpustakaan dengan menambahkan sistem free Wi-Fi, membuatkan website berbasis data untuk digital library akan sangat bermanfaat bila pustakawan bisa membuatnya sendiri. Bisa menghemat biaya tenaga ahli untuk  mengurusi hal-hal tersebut.

Jangan sampai hal-hal yang terjadi seperti  kurikulum Ilmu perpustakaan tersebut tidak sesuai dengan perkembangan zaman.

Bagi pembaca yang mempunyai pendapat lain, silahkan memberi masukan.(sp)

2 pemikiran pada “Ilmu Perpustakaan

    1. Iya, mas. Selamat datang dan salam kenal. Kita masih kuliah di Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Masih banyak belajar.. he he he

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s