Bisnis UKM

Setelah melalui beberapa tahun bekerja, memulai bisnis ukm adalah yang paling saya minati menurut saya.  Bukan apa-apa.  Alhamdulillah, dengan bisnis UKM ini, saya bisa memenuhi kebutuhan hidup sekeluarga yang baru saya bina beberapa bulan yang lalu.

Usaha UKM saya ini saya mulai sekitar bulan Maret 2009.  Dengan modal yang terbatas, saya akhirnya nekat untuk memulai dari Refresh Laundry Service, Laundry Kiloan dan Dry Cleanning Service di Surabaya.  Dan jangka waktu satu bulan, akhirnya saya bisa berani meninggalkan pekerjaan saya di salah satu developer perumahan di Surabaya.  Dan akhirnya saya memulai dengan usaha kecil-kecilan yang saya beri nama Refresh Indonesia

Di samping itu, saya juga mencoba peruntungan di bisnis kerajinan tangan yang saya beri nama CetheMerchandise.  Berawal dari blog Cethe Merchandise, saya mempromosikan kerajinan tangan khas ini.  Bukan waktu yang cepat, karena baru beberapa bulan yang lalu usaha saya yang satu ini mendapatkan pengakuan dari Masyarakat. Setelah itu saya memproduksi Cethe funiture dan Cethe Wallpaper yang saya gunakan untuk hiasan dinding Refresho Kedai Kopi yang saya berinama CetheWallpaper.   Dari sini saya bisa menyimpulkan, bisnis UKM memerlukan kesabaran.🙂

Saya hanya ingin menyampaikan ke semua pembaca artikel ini.  Cobalah untuk memulai sebuah usaha sendiri, sekecil apapun, kalau dengan hati yang sungguh-sungguh, semua itu akan mendapat hasil yang sesuai.

Dalam perjalanan, Anda akan melalui pahit dan getirnya dalam memulai bisnis UKM ini.  Tapi percayalah, Anda pasti bisa melaluinya, sebagaimana Anda melalui sebuah keadaan sulit yang sebenarnya pernah juga Anda alami.

Dengan mengikuti sebuah forum UKM Indonesia, saya banyak belajar bagaimana berwirausaha.  Memulai bisnis UKM memerlukan banyak dukungan teman, saudara dan kawan-kawan sesama pengusaha.  Walaupun kecil, semua sangat berarti.

Bertanyalah sebelum memulai usaha UKM.  Dan Anda akan memiliki banyak masukan dan saran sebelum Anda benar-benar memasuki dunia usaha ini.  Anda akan lebih siap karena akan ada saran-saran yang harus Anda persiapkan sebelum memulai bisnis UKM ini.

Motivasi adalah sangat penting dalam memulai bisnis UKM.  Inilah yang menurut saya harus kita bina setiap hari.  Tetap optimis dan yakin.  Karena inilah modal utama kita.  Jika kita tidak punya motivasi untuk segera memulai bisnis UKM ini, percayalah, sebagaimana saya dan teman-teman yang pernah sharing di forum ukm tersebut, motivasi Anda akan sirna dan memulai bisnis UKM hanyalah sebuah mimpi yang menjadi angan-angan.

Segera mulai dan belajarlah dari pengalaman Anda dan bertanyalah untuk pengalaman orang lain dalam bisnis UKM.  Itu adalah guru yang paling baik. Anda tidak perlu mengalami pengalaman Anda sendiri dalam belajar, Anda juga bisa belajar dari pengalaman orang lain dalam menjalankan bisnis UKM.

Bagaimana Pendapat Anda?

(sp)

4 pemikiran pada “Bisnis UKM

Tinggalkan Balasan

