Menulis di Buku Catatan Lebih Menarik

itu menurut saya.  Kalau orang lain? Belum tentu…

Sewaktu masih sekolah, saya paling gemar menulis, tapi ya itu, di buku catatan biasa.  Kumal, mungkin sudah setengah rusak pun, masih saya pakai.  Semua kejadian, di rumah, di sekolah, bahkan pengalaman di bis pun, saya tulis.

Ada kesan tersendiri ketika menulis di buku catatan.  Itu perbedaannya dengan menulis di komputer dengan atau tanpa koneksi internet langsung.  Sekali lagi, menurut saya, lho..

Terkadang, saya menulis hingga sampai menangis.  Menulis tentang orang tua, atau apapun, itu bisa menangis.  Tapi di komputer, tidak pernah sekali pun saya bisa menangis.  Emang hubungannya apa menulis dengan menangis?

Itu masalah kepuasan dalam menulis.

Dengan menulis di buku catatan, semua perasaan bisa langsung tercurahkan.  Perasaan pun bisa ikut masuk ke dalam tulisan.  Kalau tulisan gembira, kita bisa ikut gembira dan begitu juga sebaliknya.

Apa tidak malah lambat menulis di buku catatan?

Kalau boleh saya jawab, Tidak.

Kenapa?

Karena dengan menulis di buku catatan, hasil tulisan malah lebih banyak dari pada menulis di komputer.  Dengan kecepatan mengetik yang saya bisa pun, tetap jauh lebih baik menulis di buku catatan dengan/tanpa mengetik ulang.

Mungkin karena Anda menulis karena di batasi dan seperti balapan dengan pulsa internet yang selalu berjalan..?

Tidak, saya sekarang menggunakan akses internet unlimited pun, masih bisa merasakan perbedaannya.

Saya menyadarinya ketika saya sudah lama tidak menulis di buku catatan.  Baru semalam saya mulai lagi aktivitas yang sering saya lakukan beberapa tahun yang lalu ini.

Menurut saya (juga ) ini ada hubungannya juga dengan membaca.  Membaca surat kabar di kertas akan jauh berbeda dengan membaca di surat kabar online via internet.  Seperti ada beberapa yang hilang jika tidak membaca langsung di atas kertas yang amat lebar itu.  Dan yang jelas, saya akan membaca lebih banyak di koran langsung dari pada membaca langsung di internet.

Sama halnya dengan buku vs internet, ebook dan lain-lain..

Bagaimana dengan Anda?

Tinggalkan Balasan

