Bapak Kami Tercinta :)

Bapak Soebandi Boyolangu
Bapak Soebandi Boyolangu Tulungagung

Dengan bergabung dengan TNI Angkatan Darat, Bapak saya ini memulai perang mempertahankan kemerdekaan Indonesia di Irian Jaya.  Kami sekeluarga sudah terbiasa di tinggalkan menunaikan tugas.  Maluku, Aceh, Timor-Timur hingga Irian Jaya .  Kalau yang di Irian Jaya, kala itu dalam rangka pembebasan Irian Barat, Kata Ayahku.

Dengan adanya gerakan-gerakan separatisme yang sekarang ini di Irian barat, kami sangat tidak ingin Irian bernasib sama seperti Timor-Timur yang terlepas dari NKRI.  Negara Kesatuan Republik Indonesia.  Bukan apa-apa.  Melihat Bapak yang sudah tua dan pensiun, sakit hati juga sepertinya perjuangannya seperti tak berbekas.

Saya bisa merasakan betapa kecewanya Bapak saat Timor-Timur lepas, saat melihat televisi ada acara gerakan separatisme di Irian dan di Aceh.  Mendapat penghargaan dari Veteran sungguh membuat Bapak bangga, walaupun mungkin akan pahit juga setelah ingat kekecewaanya melihat ada Propinsi kita yang terlepas..

Pernah dia berkata, jangan sampai anak-anaknya menjadi tentara.  Simbol dari kesengsaraannya mungkin.  Tapi seingat saya, biasanya orang akan merekomendasikan anaknya untuk mengikuti jejak orang tuanya.  Tapi tidak dengan ayah kami.  Walaupun akhirnya ada juga kakak kami yang ke empat menjadi anggota TNI juga.

Menghidupi ke enam anak kami, termasuk saya yang terakhir adalah perjuangan yang cukup berat juga untuk ukuran PNS prajurit berpangkat kopral kala itu.  Tapi akhirnya kami bisa mandiri semuanya.  Kami akhirnya bisa menyelesaikan sekolah kami masing-masing..

Terima Kasih, Bapak…

2 pemikiran pada “Bapak Kami Tercinta :)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s