Pustakawan Dalam Menghadapi Era Internet

Ada beberapa hal yang di pertanyakan di era internet yang semakin pesat sekarang ini. Apakah nanti pustawan akan di butuhkan? Lalu bagaimana pustakawan mengahadapinya?

Pertama,
Seorang pustakawan harus menguasai secara umum pemanfaatan internet. Adanya banyak buku yang di langgan (subscribed), ada jurnal maupun buku yang gratis untuk di unduh, maka pustakawan disini dapat memberikan seperti buletin abstrak maupun table of content alert dari jurnal maupun buku pilihan yang ada.

Kedua,
Selalu mengkomunikasikan jasa barunya itu kepada yang membutuhkan informasi.
Komunikasi harus gencar dan kreatif yang dilakukan baik melalui internet maupun hard-copy seperti brosur, banner dan media promosi lainnya.

Ketiga,
Menjadi information broker atau perantara informasi bisa dilakukan oleh seorang pustakawan. Menurut Ramos (2007) menyatakan bahwa pustakawan berperan sebagai information broker yang meliputi:
Mengidentifikasi, menelusur, mengorganisasikan, mengemas ulang informasi serta menyediakan akses elektronik ke sumber informasi digital. Mengemas ulang informasi fdalam hal ini bisa berupa buletin abstrak maupun tabel of content dan jasa informasi terseleksi (SDI) yang dapat di contohkan di situs perpustakaan

Yang jelas, masih banyak lagi yang bisa dilakukan oleh seorang pustakawan jika tetap kreatif dan inovatif mengelola sekaligus memanfaatkan internet sebagai sarana pemencaran informasi

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s