Tips Berpuasa Agar Tidak Lapar

Selain haus, saat puasa kita pasti lapar. Seharian perut kita tanpa dimasuki makanan dari subuh hingga maghrib. Berikut saya bagi tips agar puasa tidak terlalu lapar saat menjalankan puasa. Tentunya, pada saat sahur, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan:

1. Makan sayuran

Sayuran
Sayuran

Makanan yang tinggi serat akan mengurangi nafsu makan dan memberikan rasa kenyang. Makanan yang tinggi serat cenderung memiliki kepadatan energi yang rendah. The American Heart Association menyarankan untuk mengonsumsi antara 3-4 porsi sayuran per hari.

2. Makan makanan protein tinggi

Mengonsumsi makanan yang tinggi protein secara signifikan meningkatkan rasa kenyang, menurut The Journal of Nutrition. Cobalah mengonsumsi makanan seperti ayam dan ikan untuk merasa kenyang dengan kalori lebih sedikit.

3. Makan lebih perlahan

Makan perlahan
Makan perlahan

Kunyah makanan dengan kecepatan lambat juga dapat membantu merasa lebih kenyang untuk waktu yang cukup lama. Cobalah makan perlahan dan menikmati setiap gigitan. Ini akan membantu Anda merasa seolah-olah sudah makan banyak dan menikmati makanan Anda. Kunyah makanan sampai benar-benar lembut.

4. Minum air

Minum Air
Minum Air

The Ohio State University menjelaskan bahwa air minum membantu penurunan berat badan melalui pengurangan nafsu makan. Air memiliki 0 kalori, tetapi pada saat yang sama membantu memberikan perasaan kenyang. Mayo Clinic menyarankan minum 2 liter air per hari. Rasa haus bisa berbeda tipis dengan rasa lapar. Sebelum makan, coba minum air terlebih dahulu.

5. Hindari makanan tinggi energi

Makanan berenergi tinggi
Makanan berenergi tinggi

Mayo Clinic menjelaskan bahwa mengonsumsi makanan dengan kepadatan energi yang lebih rendah akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Makanan dengan kepadatan energi yang rendah memiliki sejumlah kecil kalori. Seledri adalah contoh sempurna makanan dengan kepadatan energi yang rendah. Hindari makanan seperti es krim karena mereka kalorinya yang tinggi.

Nah, sekarang, kita sudah lebih siap mengurangi rasa lapar saat puasa😀

Sumber: http://www.sasang.tk/2011/08/tips-berpuasa-agar-tidak-lapar.html

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s