Rancangan Rak Buku Digital Yang Tak Terbatas Oleh Google

Sebagai desainer digital, google berfikir tentang bagaimana menerjemahkan media tradisional ke dalam ruang virtual. Baru-baru ini, google sedang memikirkan tentang rak buku. Apa yang akan terlihat jika rak itu di rancang untuk menahan buku-buku digital?

Sebuah antarmuka digital harus akrab untuk menjadi hal yang intuitif, sementara secara bersamaan harus bisa mengambil keuntungan dari kekurangan seperti kendala-kendala dalam ruang virtual. Seperti, saat kita membayangkan sesuatu yang tampak seperti rak di ruang tamu, tetapi juga harus bisa menampung sejumlah besar judul yang tersedia secara online (lebih banyak dari yang bisa di muat rak tradisional). Dengan pemikiran itu, google merancang sebuah rak buku digital yang merupakan heliks 3D terbatas,.  Kita dapat berputar dari sisi ke sisi dan ke atas serta ke bawah dengan mouse kita. Ini sesuai dengan model 3D yang memuat lebih dari 10.000 judul dari Googel Books.

Buku-buku tersebut di susun dalam 28 mata pelajaran. Untuk memilih subjek, klik tombol subjek di dekat bagian atas layar Anda ketika melihat rak buku. Kamera kemudian terbang ke subyek tersebut.  Mengklik pada sebuah buku yang menarik dari rak dan membawa ke depan dan tengah layar. Klik pada penutup resoluusi tinggi dan buku akan membuka  ke sebuah halaman degnan judul dan informasi penulis serta sinopsis pendek, yang di sediakan oleh Google books API.  SEmua tampilan yang di berikan dengan WebGL, sebuah teknologi dari Google Chrome dan browser modern lainnya yang memungkinkan lebih cepat, perangkat keras yang terakselerasi grafis 3D tepat di browser, tanpa perlu plug-in tambahan.

Jika kita telah selesai browsing dan menemukan buku yang ingin kita baca, maka kita dapat mengklik tombol “Dapatkan Buku ini” di tombol kanan bawah halaman,yang akan mengirim kita ke halaman buku di books.google.com. Atau, kita dapat membuka judul pada telepon kita atau tablet melalui kode QR yang ada di sudut kiri bawah halaman, menggunakan kode QR seperti Google Goggles. Kita juga dapat menelusuri buku hanya gratis dengan memilih “Free Books” dalam penampil subjek.


Para pecinta buku yang menggunakan browser modern dapat mencoba WebGL Bookcase hari ini. Di rekomendasikan menggunakan Google Chrome dan komputer cepat dengan kartu grafis yang kuat. Bahkan dengan hardware baru, antarmuka ini telah di ujicobakan dan mungkin tidak bisa bekerja pada beberapa hardware. Untuk percobaan browser yang lebih kreatif, silahkan periksa Chrome Experiments, sebuah galeri yang terdapat lebih dari 300 proyek-proyek kreatif yang di buat oleh pengembang dan seniman dari seluruh dunia, banyak memanfaatkan WebGl.

Nah, bagi yang ingin mencoba tidak ada salahnya kan..🙂

Referensi : http://googleblog.blogspot.com

3 pemikiran pada “Rancangan Rak Buku Digital Yang Tak Terbatas Oleh Google

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s