Ketepatan Strategi Segmentasi Konsumen

Ketepatan strategi segmentasi pasar dalam menentukan siapa pelanggan kita sangat berpengaruh terhadap kesuksesan usaha kita. Begitu juga sebaliknya, salah menentukan segmen akan membahayakan keberlangsungan usaha. Memilih segmen pelanggan yang belum pernah di masuki pesaing bisa menjadi pilihan yang tepat. Ada banyak hal yang berhubungan dengan segmentasi pasar yang akan kita bidik.

Faktor 4 P sangat berpengaruh seperti Place atau tempat , Promotion atau promosi, Price atau harga dan yang terakhir adalah Produk. Semisal, jika target konsumen kita adalah para ibu-ibu, biasanya mereka sangat sensitif terhadap harga tetapi tidak begitu memprioritaskan faktor tempat. Akan tetapi biasanya konsumen di lini ini juga peka terhadap faktor promosi dan faktor produk. Markting melalui word of mouth atau dari mulut ke mulut biasanya sangat efektif untuk segmen ini. Jadi, jika kita ingin berhasil berbisnis yang konsumennya para ibu-ibu, maka prioritaskan sumber daya yang ada untuk faktor harga, produk serta promosi.

Seperti faktor place yang kurang begitu berpengaruh, maka kita bisa meminimalisir sumber daya kita disini. Seperti memilih lokasi usaha yang tidak harus strategis, misalnya. Jadi kita bisa menghemat uang dari dana sewa, karena bisa memilih lokasi yang lebih murah.

Ini yang sudah Saya aplikasikan di kedai kopi saya

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s