Begini agar tetap bisa menulis panjang di handphone

Mana yang lebih mudah antara menulis dengan hape android ataukah lebih mudah menggunakan pena dan buku catatan? Kadang kita belum punya hp dan ingin memilikinya karena kita ingin menggunakannya untuk mendukung kegiatan kita seperti menulis. Dengan adanya hp seakan-akan memang kita terbayang betapa mudahnya nanti saat kiya menulis. Kita akan bisa menghasilkan banyak tulisan jika kita memiliki gawai yang canggih nan mahal. Tapi apakah itu sepenuhnya benar?

Kalau saya pribadi, mungkin tidak selalu benar seperti itu. Jika Anda memang benar-benar ingin menghasilkan sebuah tulisan yang tidak hanya panjang tapi juga berkualitas maka adaa baiknya jika Anda juga mempertimbangkan untuk menggunakan buku cacatan. Walaupun hanya menggunakan pena dan buku catatan, tapi terkadang menulis dengan cara yang di anggap tradisional ini malah lebih bisa efektif.

Kenapa? Karena buku tidak bisa membuka facebook, atau media sosial yang lain. Jadi sambil menulis kita tidak akan pernah tergoda untuk membuka sosial media kita. Beda halnua jika kita menulis dengan hape, maka kita mungkin akan sering terganggu dengan munculnya notifikasi-notifikasi dari sosial media yang kita setting di hp kita sebelumnya.

Karena kita fokus menulis dan tidak terganggu oleh hal lain itu lah yang menyebabkan saya menyimpulkan bahwa menulis di buku cacatan dan pena bisa lebih bisa produktif dari pada menilis dengan gawai seperti hape. Menulispun bisa lebih tentram dan nyaman. Fokus. Lebih produktif dalam menghasilkan tulisan-tulisan yang bermanfaat.

Akan tetapi jikaa situasinya belum memungkinkan, Anda masih bisa tetap produktif menulis dengan mennggunakan hape. Caranya? Gampang. Saat mengetik, jangan dulu fokus pada hasil tulisan. Jika kita salah ketik satu atau dua huruf, abaikan saja dulu karena kita akan memperbaikinya belakangan. Yang penting kita fokus dalam menuliskan ide dalam pikiran-pikiran kita dan tidak terganggu karena ingin segera memperbaiki salah eja tersebut.

Nah, setelah tulisan kita selesai barulah kita mencari mana yang salah ketik dan memperbaikinya dengan pelan-pelan. Akan lebih baik lagi jika kita sambil mengecek kembali kalau-kalau ada yang perlu ditambahkan ke dalam tulisan kita. Kalau memang ada yang perlu di tambahkan, tambahkan saja karena itu akan membuat tulisan kita lebih panjang dan lebih informatif tentunya.

Oh iya, sekedar informasi. Tulisan ini sambil saya ketik dengan galaxy grand yang layarnya hanya 5 inch. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s