Menulis Setiap Hari

Untuk melatih kebiasaan menulis, saya pernah membaca sebuah buku yang menyarankan agar kita mempunyai diary atau buku harian. Hal tersebut mungkin bukan tanpa tujuan. Dengan adanya diary, kita bisa menulis setiap hari apa saja hal-hal yang sekiranya bisa kita jadikan untuk melatih ketrampilan menulis kita. Konsisten menulis memang bukanlah hal yang mudah. Akan tetapi itu bukan juga menjadi hal yang sulit ketika kita mau terus menerus melatih diri kita sendiri.

Diary berguna untuk menulis hal-hal yang ringan-ringan. Bisa apa saja yang kita lakukan, apa yang terjadi atau bahkan apa ide, gagasan dan harapan kita terhadap sesuatu. Semua sah-sah saja untuk di tulis. Tidak ada penilaian yang baku dalam penulisan diary. Tujuan utamanya memang berlatih menulis dan melatih konsistensi. Jadi, mulailah menulis tanpa beban. Jauhkan rasa takut dalam diri Anda sewaktu Anda menulis karena itu akan berpengaruh terhadap hasil tulisan Anda.

Berbeda dengan jurnalistik yang mempunyai kaidah-kaidah yang harus di penuhi, menulis di diary bisa bebas sebebas-bebasnya. Tentu saja, jangan sampai menulis tulisan yang berbau SARA yang bisa menyinggung pihak lain yang mungkin berbeda dengan kita.

Gaya bertutur dalam menulis bisa di praktekkan dalam menulis diary. Dengan hal ini, kita akan terlatih juga bila sewaktu-waktu menulis artikel yang lebih serius dan tentu saja lebih informatif dari pada sekedar diary. Dalam jurnalistik, tulisan kita harus singkat dan padat. Tulisan yang panjang mungkin saja bisa berarti lebih lengkap dan informatif. Tapi, tulisan yang padat dan ringkàs akan jauh lebih baik mengingat di era seperti ini tidak banyak orang yang mau meluangkan untuk membaca tulisan seperti artikel misalnya.

Selain itu, tulisan dalam jurnalistik harus juga aktual dan mengandung informasi yang baru yang belum ada di masyarakat agar artikel tidak bersifat general dan hanya memuat informasi umum saja.

Sumber yang valid akan juga membuat artikel bisa dipertanggungjawabkan. Jadi tidak hanya opini pribadi, melainkan benar-benar berdasarkan fakta yang ada.

Seperti saya yang masih belajar menulis, di blog ini saya menganggap ini sebagai diary saya. Semua hal saya tulis di sini untuk melatih skill menulis saya. Jadi, jangan heran jika di blog ini Anda akan menjumpai tulisan yang penting dan sama sekali tidak penting. Walaupun, sebenarnya saya juga terus berusaha agar tulisan saya juga bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya. (Sp)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s