Usaha itu bukan sepak bola

Berbeda sangat jauh.  Itu menurut saya. kalau sepak bola, pertandingan hanya 90 menit. Setelah itu selesai. Ada yang menang dan sebaliknya, ada yang kalah. Setelah itu tidak ada apa-apa lagi sampai ada pertandingan lagi selanjutnya. Kalau usaha, apalagi yang sistem kerjasama berbeda sekali dengan sepak bola. Usaha tidak hanya berlaku untuk jangka waktu yang pendek. Tidak hanya 90 menit atau lebih panjang bila ada perpanjangan.  Usaha bisa bertahun-tahun atau bahkan puluhan tahun. Di sini kedua blah pihak tidak ada yang menang atau kalah. Semua menganut sistem simbiosis mutualisme. Saling menguntungkan kedua belah pihak.

Lalu bagamaina bila kerjasama sebuah usaha diperlakukan sama dengan sepak bola, apa yang terjadi? Kacau. Ya, itu yang akan terjadi. Salah satu pihak dengan pihak yang lain akan saling serang. Masing-masing pihak akan mencari celah kesalahan dari pihak lain agar bisa menjatuhkan.  Bagaimana bila keadaan ini yang terjadi? Apakah kenyamanan bisa di rasakan oleh kedua belah pihak? Tentu saja, tidak.

Bahkan sebaliknya.  Ketidak percayaan, negatif thinking akan terus menyelimuti kedua belah pihak.  Seperti bom yang sewaktu-waktu bisa meletus kapan saja saat tuas di nyalakan saat salah satu pihak menyerang.  Semua gara-gara kesalahan mindset atau kerangka berfikir yang benar.  Ketidak samaan visi dan misi yang berbeda akan di perparah dengan perilaku-perilaku negatif yang ada dari kedua pihak.  Anda pasti bisa mengira-ngira apa yang akan terjadi selanjutnya.

Sebagai kesimpulan, bila anda sedang menjalankan usaha atau sedang menjalin kerjasama, ikatlah kerjasama tersebut dengan rasa saling percaya. Di butuhkan prasangka yang baik agar semua bisa senang dan berjalan dengan semestinya.  Bila ini yang terjadi, kerjasama akan bisa berjalan terus dan Insya Allah akan menguntungkan kedua belah pihak karena akan bisa bekerja dengan produktif bersama-sama.

Ingat, kerjasama. Bukan bekerja mencari siapa yang menang dan kalah bersama atau bekerja mencari salah dan benar bersama. Catat !

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s