Ini Cara Agar Tulisan Bisa Lebih Panjang

Setidaknya, dari pengalaman saya dalam menulis agar tulisan menjadi panjang itu membutuhkan beberapa proses. Mulai dari kosakata penulis yang bisa kita tambah dengan membaca atau mencari sumber informasi lain seperti wawancara dan lain-lain. Kesemuanya memang membutuhkan waktu. Semakin lama kita melatih kemampuan menulis kita maka akan semakin baik pula kualitas tulisan dan tentu saja tulisan juga lebih panjang.

Ada beberapa hal yang perlu di ingat sebelum kita membuat tulisan yang panjang. Semakin panjang tulisan bukan berarti melulu semakin baik. Tulisan yang pendek pun juga belum tentu tulisan yang buruk. Idealnya, tulisan yang baik tentu saja yang informatif dan memenuhi kebutuhan pembaca dan atau juga bahkan penulisnya. Bukankah ada juga penulis yang hanya ingin menulis demi kepuasan batinnya? Jadi, intinya memang ini sangat normatif dan subjektif juga.

Bila kita ingin tulisan lebih panjang, kita bisa memanfaatkan metode seperti mind mapping yang membuat tulisan lebih berkembang. Itu juga butuh belajar agar lancar dan membuat pemikiran dan tulisan bisa lebih sistematis. Namun, hal yang paling penting dari proses kita menulis yaitu satu. Jangan terlalu tergesa untuk mempublishnya. Belajarlah meluangkan waktu atau memberi waktu khusus sebelum kita menulis. Entah itu menulis di buku, blog ataupun yang lainnya.

Seperti misalnya, kita pasang waktu 30 menit untuk menulis satu tulisan. Bila belum selesai waktu tersebut jangan berhenti. Teruslah menulis hingga waktu tersebut habis. Biasanya, untuk yang sedang belajar menulis memang waktu seakan terlihat lama. Secara tidak sadar memang otak tergesa untuk segera menyelesaikan tulisan. Kita harus belajar bersabar untuk tetap menulis sebelum habis. Apalagi kalau kita dalam kondisi terbatas seperti menulis di smartphone, misalnya.

Tentu meskipun seperti terlihat sederhana namun hal ini juga perlu ketelatenan untuk membiasakannya. Tidak bisa langsung. Butuh proses. Seperti saya yang baru sadar kalau juga lupa mematok waktu khusus saat menulis artikel ini. Tapi, bila sudah terbiasa maka anda akan bisa merasakan perbedaannya. Tulisan anda akan bisa lebih banyak dan panjang. Namun yang perlu di ingat, teruslah tambahkan informasi yang masih berkaitan dengan tulisan Anda. Jangan melebar kemana-mana.

Selamat mencoba..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s